Yuk Kenali Sejarah Penting Piala AFF dan Sepakbola Indonesia

Debut timnas Indonesia di arena Piala AFF punyai catatan panjang yang sarat sejarah. Scuad Garuda senantiasa mendatangkan warna sendiri dalam kejuaraan yang dahulu bernama Piala Tiger itu.

Terkecuali itu, beberapa kejadian terpenting lantas acapkali muncul dari keikutsertaan armada Merah Putih di pentas dua tahunan itu. Ada lantas diantara kejadian itu adalah sisi terpenting histori dari perjalanan sepakbola Indonesia.

Baca juga : sejarah sepak bola

Sebutlah tragedi ” Sepakbola Gajah ” yang berlangsung pada Piala Tiger 1998. Salah satunya histori sangat membuat malu tim nasional Indonesia ini bahkan juga dirasa sudah serius merendahkan harga diri bangsa di mata dunia.

Kejadian itu berlangsung kala pertandingan terakhir babak Kelompok A Piala Tiger 1988 yang memperhadapkan Indonesia kontra Thailand di Vietnam.

Ke-2 team bermain gak pingin menang untuk luput bersua tuan-rumah Vietnam serta puncaknya bek Indonesia Mursyid Effendi menyengaja membuat gol bunuh diri yang membuatnya divonis gak bisa bergelut di sepakbola internasional seumur hidup.

Terkecuali itu, pada Piala AFF 2010 jadi tonggak histori sekali-kalinya sepakbola Indonesia mengimplementasikan ketetapan pemain naturalisasi kala Cristian Gonzales sah berpaspor Garuda serta jadi andalan scuad garapan Alfred Riedl.

Artikel Terkait : sejarah internet

Semenjak edisi 2010 itu, tim nasional Indonesia tertulis senantiasa memanfaatkan banyak pemain hasil proses naturalisasi pada tiap-tiap gelaran Piala AFF. Sebutlah Raphael Maitimo serta Tony Cusell pada 2012, Victor Igbonefo pada 2014, Stefano Lilipaly di tahun 2016 serta Alberto Goncalves di Piala AFF 2018.

Indonesia bahkan juga sempat membuat 2 scuad timnas kala mau bertanding pada Piala AFF 2012 di Malaysia. Perihal ini adalah imbas dari perseteruan dualisme PSSI yang berbuntut dengan timbulnya pertandingan Liga Primer Indonesia (LPI) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *