Yuk Intip Siswa SMPN 1 Lamongan Diwajibkan Buat Karya Tulis, 17 Antologi Tulisan Berhasil Ditelurkan

Udah dua tahun ini, SMPN 1 Lamongan membuat Gebyar Showcase buat karya pembaruan siswanya.

 

Luar umumnya, yang mereka tunjukkan ialah belasan antologi, karya catat siswa.

Kalau tahun yang lalu, pada gebyar shoscase pertama baru ada empat buku antologi, tahun ini siswa SMPN 1 Lamongan bisa menghasilkan 17 buku. Belasan buku ini berisi kelompok narasi pendek (cerpen) , puisi serta novel.

Artikel Terkait : contoh cerpen
Kepala SMPN 1 Lamongan, Khoirul Anam mengatakan ini ialah sisi dari program penguatan pendidikan pembawaan (PPK) di sekolahnya. Lebih SMPN 1 Lamongan sekian lama ini udah diputuskan menjadi sekolah referensi nasional.

Arah pentingnya, lanjut Anam, ialah buat membuat siswa yang berkarakter serta berpengetahuan. Seperti yang dicita-citakan Ki hajar Dewantara, mengharmonisasikan olah fikir dengan olah hati, olah perasaan serta raga.

“Apa yang berada di gebyar showcase ini ialah sisi dari ujian akhir sekolah siswa, di tiap-tiap akhir tahun evaluasi mereka, “ katanya, Rabu (21/11/2018) .

Di antara 17 antologi itu ialah kumpuan cerpen dengan judul Ringkih di Bulan Bahasa, lalu Pena Yang di cita-citakan, Langit di Atas Langit, Mutiara dalam Kejujuran serta Pantang murtad.

Ada juga kelompok puisi dalam judul mengembara ke Alam Fana serta satu novel dengan judul Bocah Angon.

Bupati Fadeli yang datang buka acara itu mengharapkan SMPN 1 Lamongan menularkan pengetahuannya terhadap sekolah berbeda. Biar sekolah di Lamongan tidak trerpaut terlampau jauh dengan SMPN 1 Lamongan.

“Penguatan Pendidikan Pembawaan dengan bikin karya antologi ini ialah perumpamaannya, ” tuturnya.

Contoh berbeda, walaupun sekolah ini tidaklah terlalu luas, namun berkesan nyaman hingga siswa dapat belajar dengan nyaman juga.

Sekian lama ini ini, lanjut Fadeli, sekolah dari beberapa daerah, termasuk juga luar propinsi kerjakan studi banding ke SMPN 1 Lamongan. Ia mengharapkan, seloah di Lamongan harusnya yang studi banding ke SMPN 1 Lamongan.

SMPN 1 Lamongan ini sekolah referensi nasional. Dia mengharapkan sekolah berbeda di Lamongan belajarnya ke SMP N 1 Lamomgan. Hingga pengetahuan ini dapat disebarkan. Tambah bagus kembali kalaupun sekolah berbeda, umpamanya di Turi, Babat atau Paciran dapat membalap SMPN 1 Lamongan.

Selengkapnya :  cerpen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *